Falsafah Bambu


Di negeri kita,banyak kita temui  pohon bambu,pohon ini banyak kita temui di hutan belukar,ngarai, di tepi sungai, atau di dataran rendah yang panas.
Kalau di musim hujan.begitu rimbun menyedapkan mata, jikalau musim panas daunnya menguning manakala rumput di  sekitarnya menguning tatkala rumput disekitarnya mengering..

Pohon bambu adalah pohon yang memiliki falsafah hidup yang bisa kita gunakan dalam kehidupan maupun di dalam bisnis. Lao Tse pernah mengatakan tentang bambu : " Sekalipun bambu meliuk diterpa angin , dia mempunyai pegangan , akarnya menhujam jauh ke dalam tanah "'

Ada beraneka macam pohon bambu; mulai dari jenis petung, tulup, apus, bambu kuning dan masih banyak lagi jenisnya.
Tanaman bambu akan tumbuh pada empat tahun pertama menanam, tidak ada pertumbuhan signifikan, karena pada empat tahun pertama pohon bambu memperkuat system pengakarannya jauh ke dalam tanah,mencengkeram tanah untuk menopang badan pohon yang semakin meninggi keatas. Setelah pertumbuhan kelima,pohon bambu baru menunjukan pertumbuhannya keatas yang sangat cepat dan sangat tinggi, lalu ketika orang menebang pohon tersebut, orang itu hanya dapat memotong dan menggergaji pada pangkal pohonnya saja tanpa bisa mencabut akarnya.

Falsafah hidup dari bambu yang bisa kita ambil untuk bisnis adalah membangun fundamental terlebih dahulu,misalnya ; membangun kerjasama, memperkuat system dan sebagainya.Sehingga sukses di kemudian hari menjadi sukses yang sebenarnya karena di bangun dari kesabaran dan kegigihan.Kini kebanyakan orang ingin sukses yang instan dan tidak sabar dalam menjalani proses apalagi yang namanya " kegagalan ".

Pelajaran lain yang dapat diambil dari pohon bambu :
  1. Bambu adalah tanaman rumput, tapi bambu dapat mengekspresikan diri sedemikian rupa sehingga mampu menghadirkan manfaat. Ini menunjukan  tentang betapa pentingnya untuk selalu bangkit dari keterpurukan dan kehancuran. bambu membuktikan hal itu.
  2. Bambu memiliki Fleksibilitas tinggi. Jarang di jumpai bambu roboh diterjang badai. Dalam dunia bisnis, sangat penting kesehatan mental. Salah satu kematangan mental adalah pribadi yang fleksibel, tidak kaku, berbasar hati, bersabar dan lapang dada, Sikap ini akan menjadi obor disaat gelapmenerpa dan terjangan badai menimpa.
  3. Pohon yang pertama kali tumbuh ketika Hiroshima dan Nagasaki di bom adalah pohon bambu.Ini membuktikan betapa pentingnya selalu bangkit dari keterpurukan dan kehancuran, Dan hal ini telah dibuktikan oleh bambu,
Ada baiknya kita mulai belajar kearifan dari sebuah " Rumpun Bambu "
Mari kita belajar bagaimana pohon bambu mengelola kehidupannya dan belajar mengambil hikmah dari kehidupan " Pohon bambu "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar